RSS

Ngebolang, Mencari Kantor Radio 98,7 GEN FM

Musim hujan telah tiba hatiku gembira tiada tara. Tapi, oh siapa disangka. Jika malam tiba, aku menderita, karena tivi mulai tidak bersahabat. Karena antenanya goyang goyang waktu hujan.
Jadi gini, akhir akhir ini udah musim ujan. Tivi gua banyak semutnya. Gara gara antena nya goyang goyang setiap ada ujan. Yang biasanya malem rebah rebahan sambil diramein sama tivi biar ga sepi sepi banget. Sekarang tivi nya renyeknya parah banget. Ga tega gua kalau masih harus nyalain tivi. Jadi sekarang kalo malem rebah rebahan nya di tempat tidur. Sambil dengerin radio dihape. Biar ga sepi sepi banget.
Dari jaman SMA kelas tiga, gua cuma dengerin satu radio. Itu juga tau nya gara gara temen sekelas yang suka dengerin juga.  Bukan nya setia sama satu radio sih. Cuma ya emang udah nyaman aja dengerin radio itu, males cari saluran yang lain. Jadi ya sampe waktu itu gua dengerin nya radio genfm. Nah kebetulan di pekan itu genfm  lagi muterin film di radio. Nah loh bingung kan, film tapi di radio. Itu pagimane nontonye iyakan? Iya jadi ini tuh termasuk dari promosinya film terjebak nostalgia yang bakal tayang dibioskop. Jadi sebelum ditanyangin. Ada kisah nya gtu. Dan kisah nya itu di puterin di genfm. Dan ada kuis nya. Hadiahnya satu buah smartphone disetiap episode nya. Beuh mantep banget ini mah.
Jadi si penyiar nya itu ngasih pertanyaan tentang episode film yang malem itu di puter. Kita tinggal jawab aja lewat twitter dan kasih bukti poto kalau kita lagi dengerin genfm. Gua ikutan aja dah. Lagian juga caranya gampang. Ga ribet. Ga ngeluarin duit juga kan.  Gua screen shoot aja tampilan radio gua di hape. Malem pertama belom beruntung. Dan ga terlalu ngarep juga sih sebenernya.
ini screen shootan pertama gua.

Malem selanjutnya gua masih dengerin film diradio. Dan gua jawab lagi pertanyaan kuis nya, sama bukti poto screen shoot radio gen fm. Btw, film diradio nya seru juga loh, keren pokoknya mah. Padahal Cuma denger suaranya doang. Tapi gua bisa banyangin. Gimana romantis nya tuh film. Keren lah raisa dan yang lainnya.

Ini Screen Shootan Ke dua.

Besok maalem nya. Gua dapet notif dari twitter. Gua dapet mentions dan inbox dari akun twitter 987genfm. Dan taaaraaaa....... gua orang yang beruntung buat dapetin satu smartphone di episode kemaren malem. Sumpah demi apapun gua seneng banget. Hape gua langsung rame gara gara gua masang dp bbm screenshootan mentions dari genfm. Tapi hadiahnya belom ada kata. Nanti kalo udah ada baru dihubungin. Agak sedih sih, tapi ya gapapalah.

Mentions Dari Gen Fm.

Di hari ke 20 sesudah pengumuman menang di twitter. Gua dapet sms dari gen fm. Hadiah bisa diambil besok dikantor gen fm. Seneng tapi bingung. Sama siapa gua ambil hadiahnya. Belom lagi gua ga tau letak alamatnya gen fm. Gua liat kontak di bbm. Siapa yang kira kira tau daerah jakarta. Terus juga ga bakal ganggu aktivitasnya.

Sms Dari Tim Gen FM.

Tiba tiba gua inget ka dessy. Kaka kelas dikampus. Dia juga sohib gua banget. Kayaknya ka dessy juga lagi ga sibuk. Langsung aja tuh gua chat ka dessy. Dan yuhuuuu. Ka dessy bisa anter. Dia juga nanya nanya kuningan ke temen nya. karena kita emang ga tau dimana letaknya. Dan fix besoknya kita ngebolang buat sampe ke kantor gen fm yanga ada dimenara imperium kuningan jakarta.
Kita berangkat dari rumah jam 10 an. Terus motor kita titip di bulak kapal. Lanjut kita naek aptb. Kita duduk persis dibelakang supir. Adem bener naek aptb. Baru sampe gerbang tol keluar bekasi. Macet nya bukan maen.  Belom lagi hujan. Ga kebayang kalo tadi kita jadi bawa motor sampe jakarta. satu jam-an lebih kita di dalem aptb. Sampe pada akhirnya abang kenek aptb nya bilang “siap siap bla bla bla kuningan” pokoknya ngomongnya ga jelas. Yang kedengeran cuma kuningan nya doang. Terus gua sama ka dessy turun aja di halte itu.

wajah kita pas otw.

Pas turun di halte, kita ngerasa itu bukan halte kuningan. Terus kita nanya sama abang abang penjaga pintu masuk halte. Jawab nya mau mau, enggak enggak. Ga jelas. Kayak orang bingung. Kata dia kuningan masih lanjut. Naik yang bus pendek. Iya kata dia gtu. Yaudah kita sepakat kalo ada busway yang berhenti kita naek aja. Terus tinggal turun di halte kuningan.
Busway pun datang. Kita langsung naik. Mau nanya bener ga busway yang lagi kita naiki itu bakal lewat halte kuningan. Tapi gua sama ka dessy malu malu. Ditambah lagi segerombolan mahasiswi anak jakarta yang baru pada masuk dan berdiri di deket kita. Gengsi rasanya buat nanya. Sampe pada akhirnya busway berhenti di halte kunginan barat. Kata ka dessy “eh kita kan kuningan timur”. Oh yaudah mungkin sesudah halte ini menurut kita berdua dengan mantap dan penuh keyakinan.
Beberapa halte udah lewat. Firasat ga enak mulai muncul. Sampe pada akhirnya kita keluar dari busway karena takut semakin kelewat jauh. Sekarang gua sama ka dessy ada  di halte semanggi. Dan yang nyebelin dari halte semanggi ini, dia punya empat jalur busway dengan tujuan yang berbeda. Disitu kita makin bingung. Kita ikutin jalur aja, terus ambil jalur busway yang ke arah kiri. Beberapa kali ka dessy nanya beberapa orang yang ada disitu. Menara imperium masih jauh atau enggak. Dan yaaa. Mereka ga ada yang tau dimana menara imperium. Zonk banget emang. Terus kita balik lagi kearah tempat tadi kita turun busway. Kadang mau nanya lagi ke orang. Tapi kita liat liat dulu. Kalau mukanya ga meyakinkan kita ga jadi nanya. Emang banyak gaya gua ama ka dessy.  Ka dessy juga beberapa kali nelponin temen nya yang tau daerah jakarta.Tapi ga bisa dihubungi. Gua makin bingung. Gua liat hape ada bbm dari mila. Anak jakarta selatan yang juga menang.
“udah dimana nis?’
“halte semanggi bingung nih lanjut naek apa”
Terus gua ping ping-in aja si mila, berharap dia tau jalan. Kan dia anak jakarta. dan balesan nya.
“kamu dimana? Udah sampe belom? Aku udah ambil nih, aku udah balik nis, sebentaran doang.”
gua seakan ga peduli sama pertanyaan si mila. Gua udah panik. Gua langsung nanya lagi aja.
“ini kalo dari halte semanggi kemana lagi mil”
enggak lupa gua, tambahin emot muka yang matanya berkaca kaca, sambil terus gua ping pingi-in biar balesnya cepet. Nyebelin banget emang gua waktu itu.
Mila akhirnya bales lagi,
“aku ga tau nis. Aku aja naik gojek. Kayaknya masih jauh nis. Tanya aja coba yang kpk ke abang abangya nis.
Bm terakhir mila gua abaikan. Mila aja yang anak jakarta naek gojek. Lantaran ga tau dimana tempatnya. Apalagi gua anak bekasi. Ya allah gusti. Badan udah lemes. Malahan ka dessy pengen pipis. Kasian ga tega gua.
                Kemudian gua sama ka dessy melihat petugas busway. Petugas yang daritadi kita cari cari. Buat dapetin informasi. Pertama kita keluar dari pintu halte busway dulu. Terus baru nanya. Dan untungnya penjaga nya ini cewek. Jadi kita ga sungkan nanya-nanya nya.
Btw, Kalo nanya nanya gini ka desy urusannya hehe.
“mba kalo kekuningan naek busway yang mana?”
“itu mba yang halte yang sebelah sana, masuk lagi berarti”
Gua sama ka dessy barengan bilang “yaaahh”
Terus mba penjaga nya ngomong lagi,
“atau naek itu aja mbaa....”
“gojek ya mba”
“nah iya naek gojek aja”
“iya ini daritadi ga bisa bisa”
“sini mba saya bantu”
Hape ka dessy lagsung di ambil sama mbak mbak itu. Dia keliatan antusias banget buat bantuin kita. Ya, mungkin kita keliatan kayak ayam kehilangan induknya.
“emang mau ngapain mba ke sana? Interview ya?”
“bukan mba, mau ngambil hadiah” jawab ka dessy polos.
Sontak mba penjaga itu langsung ketakutan.
“ih hati hati loh mba, penipuan ga tuh? Nanti peniupan lagi mba”
Adegan kita bertiga ini emang persis banget kayak di film film. Dua gadis dari pelosok kampung. Dateng ke ibukota.Cuma Buat ngambil hadiah. Persis banget kayak adegan ftv ftv.
“enggak kok mba, temen aku juga menang. Dia udah sampe disana. Udah ngambil hadiahnya” Jawab gua dengan nada meyakinkan dan semoga dia percaya.
“gojek nya bentar lagi dateng, kalau dia mau. Yaudah bertigaan aja naik nya, kalau ga satu dulu naek. Satu lagi naek kopaja. Langsung turun di depan menara imperium nya kok”
Apa? Naek kopaja bisa langsung turun di depan menara imperium nya? Kenapa ga bilang dari tadi mbak?  Rasanya gua pengen batalin tukang gojeknya. Gua ga bisa kalo harus dipisahin sama ka dessy di tengah ibukota kayak ini. Gua ga bisa di pisahin!!
“yaudah mbak pesenin satu lagi deh mbak”
“oh yaudah.... yah mati, bentar mbak saya chas-in dulu hape nya”
Gila baik banget ini mbak nya, di pesenin gojek. Hape nya ka dessy ampe di chas-in. Sampai dia nyoba mesen gojek pake hape dia sendiri. Kalo di pikir pikir apa untungnya coba. Sampai sampai dia ga jagain pintu masuk busway cuma buat bantuin kita. Berasa dikirimin malaikat sama Allah lewat mbak mbak penjaga pintu busway ini. Ngebantuin nya tuh ikhlas banget. Ngomongnya juga enak banget. Kayak udah lama kenal pokonya mah.
“eh itu gojek nya udah dateng, yang menang aja tuh naek duluan deh, nanti satu laginya nunggu pesenan gojek satu lagi”
“udah nis buru lu duluan aja itu naik, gua gampang. Buru nis” ka desy nyuruh gua duluan.
Sumpah gua ga bisa sendirian gini. Gua ngerasa lemah banget.Cuma di suruh naek gojek aja gua ga berani.
“serius nih ka? Tapi bener ya nyusul kak? Aku tungguin nanti di depan gedungnya ya kak”
Adegan ini cukup berat buat gua ninggalin ka dessy. Ninggalin ka dessy di halte semanggi ini.
                Gua berjalan agak cepat menuruni anak tangga halte semanggi. Menuju gojek pesanan.
“mas gojek pesanan atas nama dessy ya”
“oh iya, mbak tau menara imperium dimana?”
“enggak”
“ini tuh mbak salah naro titik. Salah naro titik aja itu ngefek ke harga mbak”Sambil nyodorin hape yang isinya google maps
“yaudah mas masalah harga gampang, temen saya juga lagi nunggu gojek. Bisa nunggu sebentar ga mas?”
Gua udah pusing banget. Bodo amat dah bayar berapa juga. Yang penting gua sampe sana.
“yah, ujan lagi. yaudah deh mbak saya tungguin”
Gua langsung nelponin ka dessy. Gua nyuruh ka dessy buat turun ke bawah halte. Gua seriusan deh ga bisa banget sendirian kayak gini. Ka dessy akhirnya turun juga.
“ga bisa mesen lagi nis, jaringan nya edge terus, low juga hape gua”
“yah terus gimana?”
“gua naek kopaja aja, lu duluan gih”
“atau ga minta pesenin satu gojek lagi kak ama abang abangnya. Coba dulu yuuk”
Gua sama ka dessy nyoba minta tolong abang gojek buat mesenin satu gojek lagi. Tapi ternyata ga bisa. Semua gojek ternyata ga bisa mesen gojek lain. Mungkin peraturan nya emang gitu. Hape ka desy beneran lowbet. Udah coba pake power bang abang gojek tapi ga cocok. Ga ada jalan lagi. Gua naek gojek. Ka dessy naek kopaja.
Dengan muka lemes gua ambil masker yang dikasih abang gojek. Tiba tiba abang gojek ngomong.
“itu temen nya naek kopaja? Udah deh panggil lagi temen nya. Gapapa ayok bertiga saya anterin sampe depan. kasian naek kopaja muter muter”
Tanpa pikir panjang gua langsung nyamperin ka desy lagi. Dan akhirnya kita naek motor bertigaan. Lupain yang namanya malu. Anggap aja keren naik gojek bertigaan di jakarta. Iya anggap aja keren. Udah iyain aja biar cepet.
Dan di awal perjalanan abang gojek sengaja melawan arus jalan. Sampai dimarahin satpam. Cuma gara gara biar cepet nyampe. Terus kita lewat jalan tikus. Pokoknya biar cepet sampe. Perjuangan banget emang. Akhirnya gua sama ka dessy ga terpisah. Terharu banget rasanya. Satu malaikat lagi yang dikirimin, lewat abang gojek ini. Walaupun awalnya ngomel ngomel nih abang gojek. Tapi ternyata dia baik banget. Mulai dari nungguin satu gojek lagi. Terus minjemin powerbang. Dan yang terakhir dia berani angkut kita berdua sekaligus. Padahal kan Resikonya bahaya banget.
                Di perjalanan kita ngobrol bertigaan.
“emang mau pada ngapain mbak? Interview atau apa?”
Lagi lagi pertanyaan itu yang muncul.
“mau ngambil hadiah bang” jawab ka desy lagi.
Gua langsung bisikin ka desy. Gua kasih kode. Pokoknya jangan sampe abang gojek ini berpikiran sama kayak mbak penjaga pintu busway tadi. Berpikiran kalo kita bakal kena tipu, atau hadiah bohongan gitu. Pokonya jangan sampe keliatan kampungan banget. Untungnya ka desy ngerti kode gua. Syukurlah.
“hadiah?”
“iya bang, lomba kita”
“lomba apaan?” abangnya mulai kepo
“lomba nulis” jawab gua asal ceplos
“iya nulis di blog” tambah ka dessy
“wih blogger gitu? Keren dong? Berapa hadiahnya?”
“empat juta bang”
“wah lumayan tuh, lumayan banget malah”
Berasa dosa. Asal ceplas ceplos bohongin abang gojek yang tidak tau apa apa. Maafin kita ya bang. Ini demi keselamatan image kita berdua. Kita ga mau keliatan menyedihkan buat yang kedua kalinya. Dateng kejakarta cuma buat ngambil hadiah. Takut penipuan doang kan kalau pikir orang mah. Ya Allah gusti.
                Akhirnya kita sampe di deket menara imperium. Kata abangnya tinggal nyebrang aja. Itu langsung menara imperium. Emang bener sih keliatan gedung nya. Sama persis sama yang ada di google waktu gua shearching shearcing.
 Di perjalananan tadi, kita minta abang gojek nganterin kita lagi pas pulangnya. Dan abang gojeknya mau. Dia nungguin kita di deket menara imperium. Tapi ternyata di deket menara imperium ada halte busway. Pas di pikir pikir. Kalo naek gojek lagi Kita mau dianterin sampe mana? Ga bakal bisa langsung sampe bekasi kan? Terus di anterin ke halte semanggi lagi? Bakal ketemu mbak mbak penjaga pintu masuk halte semanggi lagi dong? enggak ga mau ah, tapi kalo ga jadi. Ga enak juga abang gojeknya udah ngeiyain. Ga enak juga dia kan yang nganter kita ke sini. Serba gaenak pokonya mah.
Da disinilah keahlian ka desy dikeluarkan kembali.
“abang nungguin disini? Bates waktunya 30 menit ya? kalo lebih dari 30 menit langsung pergi abangnya?”
“iya tergantung sih, nanti ditelpon kok kalau kalau misalnya saya pergi”
“oh iya iya, bang itu halte busway kan ya? naek dari situ bisa juga kan bang?”
“iya bener, bisa kok langsung naek aja”
“oh yaudah bang kita naek busway aja deh, ga enak juga. Takut lama bang”
“oh oke lah kalau gitu”
“iya ga enak juga banyak ojek pangkalan bang”
“oke deh”
“iya makasih ya bang”
Akhirnya pertemuan kita berakhir di depan menara imperium. Abang gojek itu berlalu begitu cepat. Karena rada takut ngeliat banyak ojek pangkalan. Btw, Terimaksih abang gojek.
                Sesampainya disana, kita masuk lewat pintu masuk utama. Kita menuju satpam yang ada tulisan tamu wajib lapor.
“mas kantor gen fm sebelah mana”
“ada keperluan apa mba?”
“mau ngambil hadiah”
“oh iya, silahkan tulis di sini mbak, siapa yang menangnya?”
Gua nulis nama dan lain lain nya di buku tamu. Kemudian kita dikasih id card visitor buat masuk ke dalem. Satu id card buat berdua. Otomatis pas masuk. Gua gantian sama ka desy. Ka desy dulu, baru gua. demi apapun itu gedung gede nya naudzubillah. Keren nya khan maen dah. Terus kita naik lift. Keluar lift ada satpam lagi. Dan kita nanya lagi. Iya lagi.
“pak kantor gen fm sebelah mana ya?”
“ada keperluan apa mba?”
“mau ngambil hadiah pak”
“oh iya sini mba, ikut saya”
Satpam itu beranjak dari tempat duduk nya, dan membuka pintu ke arah parkiran mobil.
“itu mbak yang ada bacaan jak fm, itu kantornya”
“oh iya makasih ya pak”
Kita langsung menuju kantor gen fm. Sampai depan kantor, banyak banget orang orang lagi ngobrol. Pakaian nya rapih rapih banget, bersih. Anak radio banget. Jakarta punya. Sedangkan gua ama ka desy. Entah udah ga tau bentuk muka kita kayak gimana. Bodo amat lah. Udah bisa sampe ke kantor gen fm aja udah syukur.

Menara Imperium Kuningan, Jakarta.


Kantor Gen FM.

                Sampe di dalem kantor gen fm rasanya gua terharu. Gua ga nyangka bisa maen ka kantor radio yang selama ini cuma bisa gua dengerin.
Gua lanjut nanya ke recepsionis nya.
“mbak kalau mau ngambil hadiah kesebelah mana ya?”
“kuis apa ya mba?”
“kuis FDR mbak”
“oh iya, silahkan tanda tangan dulu di sebelah sini, tunggu dulu sebentar ya mbak hadiahnya sedang diambil”
Setelah tanda tangan di surat terima hadiah. Gua nunggu sebentar di bangku tepat di deket pintu masuk. Gua amati sekeliling kantor gen fm.  Terlihat beberapa langkah dari tempat gua duduk, ada cewek lagi siaran. Dan ternyata itu radhini. Cantik banget. Gayanya asik banget. Daritadi dia bolak balik didepan gua. Sambil bawa secangkir minuman. Baju putih bawahan item. Rambut sepundak. Asik banget lah gayanya. Seneng lihatin nya.
Dan akhirnya hadiahnya datang. Gua foto dulu bareng hadiah sama tanda terimanya. Buat bukti gitu. Terus gua pamitan sama mbak resepsionisnya.
“makasih ya mba” sambil mau salaman gitu
“oh iya sama sama, selamat ya beruntung banget dapet hape”
“hehe iya”
Akhirnya hadiah itu ada di tas gua. Rasa capek kayak kebayar semua. Ga sia sia. Seneng bisa main ke gen fm. Btw, ka desy masih nahan pipis. Jadi ga enak gua. kemudian kita pulang lewat pintu tadi. Aneh ga bisa dibuka pintunya. Terlihat di balik pintu itu, satpam yang tadi kayak ngasih kode “jangan dibuka” atau mungkin “stop” entah lah kode apa. Gua malah dorong pintu itu lagi. Dan ga bisa. Ternyata buka nya harus pake kartu visitior tadi. Ditempelin ke alat yang ada disamping pintunya. Sumpah canggih banget emang. Dan sumpah kita norak banget. Dan kita malu banget. Untung ga ada yang kenal disini. Malu malu sekalian dah gapapa. Sampe naik lift aja di pencetin tombolnya sama satpam. Terimakasih pak satpam.
                Mau jalan keluar aja masih ada kejadian. Ka desy nyelonong aja keluar ga nempelin kartu visitor ke mesin nya. Ya hasilnya pintunya ga bisa ke buka. Kata nya sih dia ngeliat orang, enak banget bisa langsung keluar. Giliran dia ga bisa. Belum lagi gua. udah nempelin kartu tapi pintunya ga bisa kebuka. Sampe orang dibelakang gua kesel nyeletuk “itu tinggal jalan aja mbak”. Kemuadian pak satpam bantuin gua. ternyata setelah kartu nya ditempel. Kita langsung jalan aja. Nanti juga bakal kebuka sendiri pintunya. Ternyata banyak ternyata yang baru gua tau hari ini. Malu banget malu lagi malu terus. Lama lama tebel ini muka gua. dan untungnya ga ada yang kenal disana. Intinya itu sih.

                Terimakasih banget pokonya mah. Tulisan ini gua tulis buat semua yang udah ngebantu gua sampe bisa bawa hadiah dari gen fm ke rumah gua. Buat ka desy, thanks banget pokonya mah. Udah mau nyempetin waktunya buat nemenin susahnya  nyari alamat di jakarta. Sampe sampe berasa lagi syuting ftv “sapa suruh dateng jakarta”. Terimakasih buat mbak mbak penjaga pintu masuk busway halte semanggi. Yang gua ga tau namanya siapa. Yang subhanallah baiknya. Gua ga nyangka bisa ketemu sama orang sebaik dia di ibukota . Terimakasih juga abang gojek yang nganterin kita. Ngasih tau kita keberadaan gedung yang kita cari, menara imperium. Terimakasih udah nambah daftar orang baik yang kita temui di jakarta hari itu. Terimakasih satpam penjaga lantai P7 menara imperium. Tanpamu mungkin kita berdua ga bisa keluar dari gedung itu. Dan khususnya buat gen fm yang udah ngasih gua satu buah smartphone. Terimaksih Allah Swt. Alur cerita waktu itu endingnya indah banget. Terimakasih sudah mengirimkan orang orang baik seperti mereka. Terimakasih ya Allah.

Ini hadiahnya. btw, yang warna kuning.

0 komentar:

Posting Komentar